Ajang Kolaborasi UMKM, kreatif, dan solusi finansial Bank Mandiri siap akselerasi ekonomi Jawa Timur
Surabaya, 5 Desember 2025 - Bank Mandiri terus memperkuat dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah dengan menghadirkan Livin’ Fest 2025 di Surabaya pada 11-14 Desember 2025, sebuah expo nasional yang mempertemukan UMKM, pelaku industri kreatif, dan layanan finansial dalam satu ekosistem terintegrasi. Festival ini menjadi persembahan Bank Mandiri untuk masyarakat dan nasabah setia, sejalan dengan komitmen perseroan dalam mendorong akselerasi aktivitas ekonomi produktif melalui sinergi lintas sektor.
RCEO Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3, M. Ashidiq Iswara mengatakan kota Surabaya menjadi penutupan rangkaian Livin’ Fest 2025 yang telah digelar 9 kota lainnya. Program ini menghadirkan hiburan internasional dan nasional, agenda gaya hidup, otomotif, sportainment, hingga pariwisata, yang berkolaborasi dengan solusi finansial seperti Mandiri KPR, Mandiri Auto, dan layanan transaksi digital.
“Kami ingin memastikan kehadiran Bank Mandiri memberikan nilai tambah bagi masyarakat, memperluas akses pasar pelaku UMKM. Kami ingin kehadiran Bank Mandiri turut ikut mengakselerasi perekonomian kerakyatan di Jawa TImur,” ujar Ossy panggilan akrabnya di Surabaya pada Jumat (5/12).
Lanjutnya, ekspo dengan skala nasional yang digelar di Grand City Convex Surabaya ini menghadirkan lebih dari 400 tenant, mulai dari kuliner, fashion, kriya, produk kecantikan hingga kebutuhan gaya hidup terkini. Zona UMKM binaan Bank Mandiri akan menampilkan produk-produk lokal unggulan, sedangkan Government Hub seperti Polri, Imigrasi, Disdukcapil, DJP yang disediakan untuk membantu masyarakat mengakses berbagai layanan publik, termasuk layanan SIM, Paspor, Layanan kependudukan, Layanan perpajakan dan layanan lainnya.
Sinergi ini diperkaya oleh kolaborasi dengan event kreatif besar seperti Inacraft, Jakarta Coffee Week, OMO Market, hingga TradeMark Market sehingga memberikan dimensi festival yang lebih variatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat urban. Tak hanya itu, Bank Mandiri menyiapkan berbagai promo produk yang eksklusif tersedia di Livin’ Fest.
Program Mandiri KPR dan Mandiri Auto “HUT Mandiri Semua Hepi” menawarkan suku bunga mulai 1,27% dan cashback hingga Rp2,7 juta, sementara pembukaan Tabungan Multi Currency memberikan kesempatan memenangkan hadiah liburan ke Jepang. Selain itu, lebih dari 50 pengembang properti seperti Ciputra Group, Pakuwon Group, Sinar Mas Land, Jaya Land Group, Bhakti Tamara Group, Damai Putra Group, Abdael Nusa Group, Chalidana Group PJM Group, Bersatu Sukses Group, Griyo Mapan Group, Trans Icon, Bernady Land dan Tomo Land, serta 20 dealer otomotif ikut serta seperti Liek Toyota, Astra Daihatsu, Sunstar Mitsubishi, UMC Suzuki dan Asco Daihatsu, lengkap dengan fasilitas test drive kendaraan roda empat dan roda dua.
Lebih lanjut, bank berkode emiten BMRI ini menyebut, seluruh layanan tersebut telah terintegrasi dengan aplikasi Livin’ by Mandiri, yang kini menjadi tulang punggung digital Bank Mandiri. Adapun, beyond super app andalan perseroan ini telah digunakan oleh 35,1 juta pengguna, tumbuh 27 persen secara year on year (YoY), dengan frekuensi transaksi naik 25 persen YoY, dan nilai transaksi menembus Rp3.220 triliun, atau meningkat 10 persen hingga September 2025.
Untuk menambah daya tarik, Livin’ Fest juga menyajikan hiburan bagi masyarakat. Rangkaian Livin’ Fest Music akan menampilkan musisi nasional dengan line-up Yura Yunita, Parade Hujan, Jono Joni, Coldiac dan The Marloes. Selain itu, akan digelar pula Livin’ Run Fest Family Run 2,5K, 5K, dan 10K, serta Sportfest yang meliputi basket. Seluruh rangkaian hiburan ini dirancang sebagai pelengkap pengalaman festival, dengan fokus utama Livin’ Fest tetap pada pemberdayaan UMKM, industri kreatif, dan layanan finansial.
Di samping itu, Bank Mandiri turut menggandeng mitra strategis seperti 20 Fit, Next gen, Antara Suara, KUY Media Group, Jakarta Coffee Week, TradeMark Market, Omo Market, Inacraft memperkaya kemeriahaan melalui konten tematik yang dekat dengan masyarakat urban.
Tak hanya itu, bank berlogo pita emas ini juga menghadirkan inisiatif keberlanjutan di Surabaya melalui Mandiri Looping for Life yang berkolaborasi bersama Pable untuk menawarkan aktivitas kreatif berbahan limbah yang memiliki nilai guna dan nilai ekonomi, seperti bordir pouch personal dan workshop meracik wewangian natural potpourri.
Kolaborasi ini menegaskan komitmen Bank Mandiri dalam mendorong ekonomi sirkular, mengedukasi masyarakat mengenai konsumsi bertanggung jawab, sekaligus menghadirkan pengalaman kreatif yang relevan dengan gaya hidup hijau masa kini. Seluruh aktivitas ini dapat dinikmati setelah pengunjung melakukan carbon offsetting melalui fitur Livin’ Planet sebagai bentuk partisipasi dalam aksi penghitungan emisi karbon dan penanaman pohon yang mudah dan berdampak.
“Pada Usia ke-27, kami ingin merayakannya dengan kontribusi yang benar-benar dirasakan masyarakat. Livin’ Fest adalah panggung kolaborasi yang menyatukan UMKM, industri kreatif, dan solusi finansial dalam semangat Sinergi Majukan Negeri,” pungkasnya.
Informasi lebih lengkap mengenai Livin’ Fest 2025 dapat diakses melalui bmri.id/livinfest